ini tugas Manajemen
Strategik yang gue buat ..
semoga bermanfaat buat pembaca :)
semoga bermanfaat buat pembaca :)
PROFILE
Garuda Food Group
berawal dari PT. Tudung, didirikan di Pati, Jawa Tengah pada tahun 1958 dan
bergerak di bisnis tepung tapioka. Pada tahun 1979 PT. Tudung berubah nama
menjadi PT. Tudung Putra Jaya (TPJ). Pendiri perusahaan adalah mendiang Darmo
Putra, mantan pejuang yang memilih menekuni dunia usaha setelah bangsa
Indonesia merdeka.
Garuda Food adalah
perusahaan makanan dan minuman di bawah kelompok usaha Tudung (Tudung Group).
Selain Garuda Food, Tudung Group juga menaungi SNS Group (PT. Sinar Niaga
Sejahtera) bergerak di bisnis distribusi logistik, PT. Bumi Mekar Tani (BMT)
fokus di bidang plantationas, PT. Nirmala Tirta Agung (NTA) bisnis air minum
dalam kemasan kaleng bermerek Prestine, dan Global Solution Institute (GSI)
bergerak di bidang pelayanan jasa pelatihan, seminar, event organizer,
dan konsultasi manajemen.
Pada awal 1978 TPJ
mulai menjual hasil produksi kacangnya dengan merek Kacang Garing Garuda yang
belakangan dikenal dengan sebutan ringkas Kacang Garuda. Kacang Garuda
memperoleh berbagai penghargaan sebagi berikut: Indonesian Customer
Satisfaction Awards (ICSA) kategori kacang bemerek delapan kali berturut-
turut (2000- 2007), Superbrands (2003), Top Brands For Kids (2004),
Indonesian Best Brand Award (IBBA, 2004- 2007), dan Top Brand (2007).
Tatkala
perekonomian nasional tengah dihantam krisis ekonomi, Desember 1997 Garuda Food
Group mendirikan PT. Garuda Food Jaya yang memproduksi biskuit bermerek
Gery. Pada tahun 1998 Garuda Food Group
mengakuisisi PT.Triteguh Manunggal Sejati (TRMS), produsen jelly dan
meluncurkan produk jelly bermerek Okky dan Keffy.
Pada tahun 2000
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sepakat menggabungkan TPJ, Garuda Food Putra
Putri Jaya, dan Garuda Food Jaya dalam satu nama yaitu : PT. Garuda Food Putra Putri Jaya (GPPJ).
Pada akhir 2002
TRMS meluncurkan produk minuman Jelly bermerk Okky Jelly Drink sekaligus babak
baru Garuda Food masuk ke bisnis minuman (beverages). Prestasi Okky Jelly
dibuktikan dari keberhasilan meraih Top Brand For Kids (TBK) Award 2004
untuk kategori Jelly. Di samping TBK, Okky Jelly juga berhasil meraih IBBA
(2004- 2007) dari majalah Marketing bekerja sama dengan Frontier.
Pada tahun 2005 Garuda Food meluncurkan
sebuah inovasi baru dalam ranah minuman kemasan berupa teh kemasan cup yang
diberi merek Mountea. Hingga tahun 2011, Mountea telah memperoleh sejumlah
penghargaan seperti Indonesia Best Brand Award, dll.
VISI DAN MISI
Visi :
“Menjadi salah
satu perusahaan terbaik di industry makanan dan minuman di Indonesia dalam
aspek profitabilitas, penjualan, dan kepuasan konsumen melalui karya yang
kreatif dari seluruh karyawan yang kompeten “.
Misi :
a. Memuaskan konsumen dengan menyediakan produk- produk
makanan dan minuman berkualitas.
b. Membentuk komunitas karyawan untuk tumbuh bersama dan mengembangkan
kualitas kehidupan, lingkungan kerja, dan pekerjaan para karyawan.
c. Menciptakan kemanfaatan jangka panjang yang
berkesinambungan dalam hubungan antara perusahaan dengan seluruh mitra usaha.
d. Meningkatkan nilai tambah bagi pemegang saham dengan
menjalankan etika bisnis dan pengelolaan perusahaan yang baik.
PHILOSOPHY
1.
Manusia Nilai
Untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan yang
meliputi: Kebenaran, Perilaku Benar, Cinta, Non-Kekerasan, dan Perdamaian. Tidak
melanggar larangan agama. Ketulusan dan harmoni dalam berpikir, berbicara dan mengambil
tindakan.
2.
Etika Bisnis
Menggunakan norma etika yang berlaku di masyarakat dalam interaksi dan pengelolaan lingkungan bisnis sehingga ada akhirnya akan "saling menguntungkan yang berkelanjutan". Juga memperhatikan berbagai masalah yang muncul dalam misi bisnis Garudafood ini walaupun secara formal ini bukan tanggung jawab mereka.
Menggunakan norma etika yang berlaku di masyarakat dalam interaksi dan pengelolaan lingkungan bisnis sehingga ada akhirnya akan "saling menguntungkan yang berkelanjutan". Juga memperhatikan berbagai masalah yang muncul dalam misi bisnis Garudafood ini walaupun secara formal ini bukan tanggung jawab mereka.
3.
Persatuan Melalui Harmony
Untuk menjaga keharmonisan dan kesatuan dengan komunitas bisnis internal (karyawan dan pemegang saham). Untuk menjaga keseimbangan dan harmoni antara aspek bisnis dan aspek lainnya.
Untuk menjaga keharmonisan dan kesatuan dengan komunitas bisnis internal (karyawan dan pemegang saham). Untuk menjaga keseimbangan dan harmoni antara aspek bisnis dan aspek lainnya.
4.
Kecepatan dan Leading Change
Untuk mempertahankan dan meningkatkan kecepatan dalam cara berpikir dan cara bertindak. Untuk melembagakan perubahan dengan benar dan mempertahankan cakap sehingga akan ada nilai tambah bagi perusahaan dengan kekuatan teknologi sebagai pilar.
Untuk mempertahankan dan meningkatkan kecepatan dalam cara berpikir dan cara bertindak. Untuk melembagakan perubahan dengan benar dan mempertahankan cakap sehingga akan ada nilai tambah bagi perusahaan dengan kekuatan teknologi sebagai pilar.
5.
Bekerja Cerdas dalam Belajar Budaya
Rajin, tekun, serius dan konsisten dalam satu karya yang terlibat di dalamnya Menekankan proses kerja cepat, sistematis dan akurat. Selalu meningkatkan metode dan kualitas kerja melalui pengembangan diri dalam budaya belajar terus menerus dipelihara oleh dan bersama dengan perusahaan.
Rajin, tekun, serius dan konsisten dalam satu karya yang terlibat di dalamnya Menekankan proses kerja cepat, sistematis dan akurat. Selalu meningkatkan metode dan kualitas kerja melalui pengembangan diri dalam budaya belajar terus menerus dipelihara oleh dan bersama dengan perusahaan.
THE MANAGEMENT
Board
of Commissioners & Directors
PRESTASI
Garuda Kacang dan Okky Jelly Drink Pelanggan Satisfaction
Award Meraih Indonesia (ICSA) 2011
2011 - Merek Tahap
Penghargaan Top 2
2011 - Firman Penghargaan Mouth Pemasaran
2011 - Satria Penghargaan
2011 - Indonesian Best Brand Award
2011 - Top Brand for Kids
2011 - Top Brand Award
2010 - Rekor Bisnis
2010 - Top Brand Award
2010 - Top Brand for Kids
2010 - Firman Penghargaan Mouth Pemasaran
2010 - Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI)
2009 - Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA)
2011 - Satria Penghargaan
2011 - Indonesian Best Brand Award
2011 - Top Brand for Kids
2011 - Top Brand Award
2010 - Rekor Bisnis
2010 - Top Brand Award
2010 - Top Brand for Kids
2010 - Firman Penghargaan Mouth Pemasaran
2010 - Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI)
2009 - Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA)
2009 - Indonesian
Best Brand Award
2009 - penghargaan
Pemasaran
2009 - Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI)
2009 - Top Brand for Kids
2008 - Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI)
2007 - Top Brand Award
2006 - Champions The Dream Team
2006 - Marketing Award
2004 - 2006 - Indonesian Best Brand Award (IBBA)
2003 - 2006 - CEO Paling Dikagumi oleh Majalah Warta Ekonomi
2000 - 2006 - Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA)
2005 - Penghargaan Marketer Muda
2004 - Ernst & Young Entrepreneur of The Year
2003 - 2004 - Superbrands
2003 - Top Brand for Kids
2003 - Pengusaha Agribisnis Penghargaan
2009 - Top Brand for Kids
2008 - Anugerah Produk Asli Indonesia (APAI)
2007 - Top Brand Award
2006 - Champions The Dream Team
2006 - Marketing Award
2004 - 2006 - Indonesian Best Brand Award (IBBA)
2003 - 2006 - CEO Paling Dikagumi oleh Majalah Warta Ekonomi
2000 - 2006 - Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA)
2005 - Penghargaan Marketer Muda
2004 - Ernst & Young Entrepreneur of The Year
2003 - 2004 - Superbrands
2003 - Top Brand for Kids
2003 - Pengusaha Agribisnis Penghargaan
DISTRIBUTION NETWORK
Sebagai divisi distribusi
Grup GarudaFood, SNS memiliki banyak jumlah depot yang melayani ratusan ribu outlet
pelanggan di seluruh Indonesia. Dalam rangka memperluas jaringan, SNS juga
bekerja sama dengan distributor sub utama yang tersebar dari Aceh hingga Papua.
SNS mengembangkan jaringan
dengan menyediakan perusahaan patungan dengan perusahaan distribusi di daerah, dan
sampai sekarang cabang dan depot SNS tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan
jaringan distribusi yang luas nya, sejak 1994 SNS telah menjadi salah satu
distributor FMCG terbaik untuk makanan dan minuman kategori.
BAGAN PERUSAHAAN GARUDAFOOD
PRODUK
1.
BY FOOD BRAND
a.
Biscuit
a) Berrygood Waffle
b) Gery Saluut Malkist
c) Gery Malkist
d) Berrygood Berry Jam
e) Hollanda Butter
Cookies
f) Gery O’donuts
Chocomilk
g)
Gery O’donuts
h)
Tory Cheese Crackers
i)
Gery Rice Cracker
Cheese Flavour
j)
Gery Rice Cracker
k)
Gery Assorted
l)
Tory Cheese Cracker
m)
Gery Eggroll
n)
Gery Wafer Cream
o)
Gery Wafer Stick dan
Stick Coklat
p)
Gery Butter Cookies
q)
Chocolatos Gold
Edition
r)
Gery Wafer Piramid
s)
Gery Wafelatos with
Chocolate Topping
t)
Gery Wafelatos
u)
Enrob Wafer Cream
Saluut
v)
Gery Enrob Wafer
Stick Cokluut
w)
Tory Cheeselatos
x)
Hollanda Butter
Cookies
b. Confectionery
a)
Gery Dipstick Tray
b)
Gery Chocolate Cheese
Pasta
c)
Gery Pasta Coklat
d)
Gery Meses
e)
Okky Jelly Ice Stick
f)
Gery Bischoc
g)
Gery Chocolate Rice
Crispy
h) Ting Ting Original
c. Snack
a)
Toya Toya Berries
b)
Toya Toya Chocolate
Stick
c) Toya Toya Chocolate
d) Toya Toya Banana
Chocolate
e) Kacang Kulit Garuda
f)
LEO Nacho Cheese Corn
Crisps
g)
LEO Cassachips
Chicken Onion Flavor
h)
LEO Cassachips
Chicken Black Pepper Flavor
i)
Garuda Roasted
Flavored
j)
Roasted Three Kernels
– Biga
k)
Leo Seaweed
l) LEO Original Chicken
Flavor
d. Functional Drink
Super O2
e.
Dailly (Liquid Milk)
a)
Clevo White Choco
b)
Clevo Strawberry
Flavor
c)
Clevo Chocolate
Flavor
2.
BY BEVERAGES BRAND
a. Juice & Fruit Flavour Drink
a) OKKY Koko Drink
b) OKKY Jelly Drink Blackcurrant
c) OKKY Jelly Drink Apple
d) OKKY Jelly Drink Orange
e) OKKY Jelly Drink Guava
f) OKKY Jelly Drink Manggo
b. Jelly Milk Drink
a) Jell-O Blast Chocolate
b) Jell-O Blast Choco Raspberry
c. Tea Based
a) Mountea Apple
b) Mountea Blackcurrant
c) Mountea Guava
d) Mountea Strawberry
e) Mountea Sweet Tea
d. Coffee Based
Kopyes
3. BY BASIC FOOD
a. Beras Setra Ramos
b. Beras Pandan
Sebelum menapakan jejaknya di pasar
modal pada tahun 2012, PT. Garudafood akan menguatkan mitra strategisnya
sepanjang tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Sudhamek AWS., selaku
Direktur Utama PT. Garudafood saat ditemui di sela-sela peluncuran sebuah
majalah baru di Grand Indonesia kempinski, Jakarta.
Mitra strategis yang saat ini dikejar
oleh Garudafood adalah produk minuman. Sudhamek belum bisa mengatakan pihak
mana yang saat ini sedang dijajakinya untuk menjadi mitra strategis tersebut.
Seperti yang telah disebutkan
sebelumnya, PT. Garudafood berencana memasuki pasar modal di tahun 2012, namun
sampai saat ini, PT. Garudafood masih belum bisa mengatakan berapa banyak
bagian yang akan dilepas tersebut. Sudhamek mengatakan bahwa pihaknya sampai
saat ini sedang menyiapkan semua hal yang berkaitan dengan penawaran saham
perdana (initial public offering/IPO).
Sampai saat ini PT. Garudafood sedang
pilih-pilih rekanan untuk bisa menerbitkan saham perdana di tahun 2012. Sampai
dengan saat ini sudah ada beberapa pihak yang siap untuk menjadi rekanan dalam
menerbitkan saham.
Target pendapatan Garuda Food sepanjang
tahun ini, dikatakan oleh Sudhamek akan mencapai angka Rp. 5 triliun. Sebagai
acuan, pada tahun 2009, total pendapatan perusahaan yang diperoleh adalah
sebesar Rp 4,1 triliun. Ketika ditanya tentang laba bersih yang dicapai
sepanjang se-mester pertama tahun ini, dia tidak bisa menyebutkan angka pastinya.
Secara umum PT. Garudafood menargetkan
penjualan mencapai Rp. 20 triliun pada 2015 melalui ekspansi pasar di dalam dan
luar negeri. Untuk pangsa pasar eskpor, produk makanan dan minuman olahan
Garudafood sudah merambah China dan India.
PT. Garudafood optimistis bisa mencapai
pertumbuhan penjualan tahun ini menjadi sebesar Rp. 5 triliun dari pencapaian
di 2009 sebesar Rp. 4,1 triliun. Ke depankan menjadi Rp. 20 triliun pada 2015.
Penetapan target penjualan untuk lima
tahun ke depan didasarkan pada tren pertumbuhan bisnis Garudafood selama 20
tahun terakhir. Apalagi dalam beberapa tahun tearakhir juga didukung dengan
membaiknya kondisi ekonomi makro.
Begitu pula terkait perkembangan
ekonomi global, Sadhamek optimistis pertumbuhan ekonomi dunia akan meningkat
tajam dari -1,1 "ipada 2009 menjadi 3,1 % pada 2010. Pemulihan ekonomi
juga terjadi di hampir seluruh negara, dan Indonesia sendiri mematok
pertumbuhan ekonomi 5,5 % pada 2010.
Berbagai upaya dilakukan, khususnya
dengan strategi yang bertumpu pada pengembangan sumber daya manusia. Ini
akhirnya menjadi keunggulan kompetitif Garudafood untuk memenangkan persaingan
bisnis makanan dan minuman di dalam negeri. Prospek bisnis makanan dan minuman
di Indonesia masih potensial, dan ini ditunjang dengan membaiknya pasar
internasional.
Saat ini, Garudafood masuk dalam lima
besar industri makanan dan minuman di dalam negeri. Berdasarkan daia gabungan
pengusaha makanan dan minuman Seluruh Indonesia, industri makanan dan minuman
nasional tumbuh 6% pada 2009, sedangkan Garuda Food sendiri berhasil tumbuh
16%.
PT. Garudafood menargetkan penjualan
Rp. 20 triliun pada 2015. Target tersebut akan dikejar melalui peningkatan
penjualan di pasar dalam negeri. Selain itu, ekspor atau ekspansi di
negara-negara Asia terutama China dan India juga akan terus digenjot.
Penetapan target tersebut didasarkan
pada tren pertumbuhan bisnis GarudaFood selama 20 tahun terakhir dan indikator
makroekonomi yang terus membaik, kata CEO Garudafood Group Sudhamek AWS. Target
lain yang dipatok Garudafood adalah menjadi industri makanan dan minuman
menempatkan diri sebagai perusahaan dua terbaik di bisnis makanan dan minuman
nasional.
Komisaris utama Garudafood Dorodjatun
Kuntjoro Djakti menambahkan, saat ini perusahaannya telah masuk dalam 5 besar
industri makanan dan minuman nasional. Ia pun mengungkapkan optimisme serupa
lantaran pertumbuhan Garudafood yang berada diatas rata-rata industri nasional
tahun lalu. Dorodjatun bilang, berdasarkan data GAPMMI, industri mamin tumbuh
6% tahun lalu. Pada saat yang sama kami berhasil tumbuh 16% atau jauh diatas
rata-rata, tandas Dorodjatun.
Guna mencapai target tersebut
Garudafood tetap fokus pada kategori inti bisnis makanan dan minuman dengan
pasar dalam negeri khususnya middle class sebagai fokus utama. Selain itu
Garudafood juga berniat makin ekspansif di pasar internaiomal serta penetrasi
ke kategori bisnis baru yang terlihat potensial pertumbuhannya.
Prospek Indonesia masih sangat bagus,
potensi pasar domestik kelas menengah ada setidaknya 30 juta orang dari total
masyarakat, kata Dorodjatun. India dan China juga masih jadi pasar potensial
kami hingga beberapa tahun ke depan, jadi tak ada alasan untuk tak optimis,
timpal Sudhamek.
Untuk membidik kelas menengah dengan
pendapatan yang juga terbatas, Dorodjatun bilang perusahaannya akan berinovasi
dalam pengemasan. Kami bisa memodifikasi ukuran kemasan yang lebih kecil
sehingga harga jual terjangkau, kata dia. Sementara untuk menghadapi produk
asing sekaligus memenangkan persaingan dalam negeri Garudafood akan lebih
mengedepankan cita rasa lokal. Cita rasa lokal yang kuat akan jadi non tarif
barrier yang handal juga, imbuh Dorodjatun.
Garudafood yang tahun ini genap 20
tahun kini memiliki sekitar 100 item produk dengan 20 merek andalan. Komposisi
snack dan minuman sama rata, namun sumbangan biskuit termasuk yang paling
besar, terang Sudhamek. Di seluruh Indonesia Garudafood punya 11 pabrik, dengan
105 titik distribusi yang tersebar dari Sumatera hingga Papua.
ANALISIS SWOT
•
Strenght (Kekuatan)
1.
GarudaFood memiliki citra baik perusahaan di konsumen.
2.
Bisa menjadi pelopor untuk perusahaan lain.
3.
GarudaFood memiliki sistem distribusi yang baik.
4.
Produk dari garudaFood memiliki standar kualitas yang tinggi
dan memiliki tinggi klinis.
•
Weakness
(Kelemahan)
1.
GarudaFood tidak memiliki banyak produk.
2.
GarudaFood hanya memiliki satu pabrik produksi, tidak
seperti pesaing. Jadi semua produksi sentralisasi di satu tempat.
•
Opportunity
(Peluang)
Membuat pasar baru untuk produk
GarudaFood baru. Untuk meningkatkan kualitas produk, sehingga produk mereka
menjadi produk yang lebih tinggi.
•
Threats (Ancaman)
Pesaing
lain dapat membuat beberapa produk seperti produk GarudaFood.
2 komentar:
ass.mba saya perwakilan cv.trans media tama ingin mengajukan untuk memasarkan produk garuda food secara luas,,untuk ket lebih lanjut bisa hub di no0812 9526 0589
giliran di copy buat materi mau dirombak kok jadi anes pas di ms.word?
Posting Komentar